Archives

Categories

menulis lagu yang enak di dengar

10 Teknik Membantu Menulis Lagu Yang Mengesankan

Langkah membuat lagu yang berkesan
Langkah membuat lagu yang berkesan

Apakah kamu memiliki cita-cita menjadi pencipta lagu atau musisi terkenal? Jika ini yang kamu impikan maka kamu harus mengetahui tentang teknik menulis lagu yang mengesankan dan cara mengkomposisi musik yang enak didengar dan berkesan di hati pendengar.

Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menulis Lagu

Dengan memahami dan mempelajari elemen chord dari penulisan lagu, kamu dapat belajar bagaimana menulis lagu yang enak didengar dan penuh emosional. Sehingga lagu yang kamu ciptakan nantinya akan mudah diingat dan berkesan di hati pecinta musik.

Apa itu Yang Dimaksud Menulis Lagu?

Menulis lagu bukan hanya tentang mencoret-coret beberapa sajak dan memanfaatkan ketukan atau harmoni sederhana seperti yang kamu pikirkan.

Menulis lagu merupakan pekerjaan yang melibatkan penulisan lirik yang bermakna dan berkesan, mengembangkan melodi dengan baik dan enak didengar, dan menyesuaikan lirik sesuai dengan genre musik tertentu dengan struktur yang harmonis dan ritme yang menarik.

Beberapa musisi juga ada yang berspesialisasi hanya dalam aspek seperti pembuatan lirik atau aransemen melodi. Kemudian mereka akan bekerjasama dengan penulis lagu dan musisi lain untuk menciptakan sebuah lagu yang enak didengar dan mudah diingat.

Setiap lagu yang kita dengar, seperti contohnya lagu anak-anak pastinya akan memiliki musik yang khas dari pencipta lagu yang sama. Atau dengan genre musik yang lebih kompleks seperti musikal dan opera, pastinya setiap lirik yang dimasukan ke dalam nada, ada seorang komposer yang memainkan peran penting di dalamnya.

Manfaat Membuat Lagu

Kita mengetahui telah banyak orang telah berbagi perasaan mereka baik perasaan suka, duka, impian, cinta dan harapan melalui sebuah lagu sejak ribuan tahun yang lalu.

Musik dan lagu dapat membawa kesenangan dan kegembiraan secara spiritual untuk setiap individu, terlepas dari genre musik dan lagu yang diciptakan.

Saat kamu menulis lagu, kamu mungkin akan mendapatkan manfaat, seperti :

  • Dapat mengekspresikan perasaanmu
  • Membagikan pesan kepada banyak orang
  • Mengembangkan keterampilan musik agar menjadi lebih baik
  • Membuktikan kecerdasan bermusik yang kamu miliki

Menulis lagu tidak hanya membawa efek positif bagi kehidupan spiritual mu, tetapi juga membuka peluang karir di masa depan.

10 Teknik Menulis Lagu Yang Mengesankan

Ada 10 teknik menulis lagu yang mengesankan yang perlu kamu perhatikan, jika kamu ingin menjadi pencipta lagu profesional seperti :

1. Membuat Melodi Lagu Yang Menarik

Saat ini ada jutaan lagu di dunia pastinya dari jutaan lagi tersebut pastinya akan ada progresi tiga atau empat akord yang sama dengan lagu lainnya.

Jadi mengapa beberapa lagu ini terngiang-ngiang di kepala kita? Jawabannya mungkin karena melodi. Jika kamu ingin mencoba menulis lagu yang bagus, menentukan melodi lagu merupakan bagian terpenting dari proses penulisan lagu.

Jadi teknik menulis lagu pertama yang tidak boleh dilewatkan adalah memahami tentang melodi lagu. Kamu bisa bereksperimen untuk membuat melodi lagu dengan nada naik turun yang harmonis.

Dengan memiliki melodi yang menarik merupakan nilai tambah yang besar agar lagu yang kamu buat akan lebih mudah diingat.

2. Menggunakan Semua Jenis Akord

Jika kamu hanya menggunakan beberapa akord yang sama, maka kamu akan membatasi ide musik yang kamu ciptakan.

Kamu harus mencoba membuat lagu dengan mencangkup semua jenis akord seperti akord mayor, akord minor, akord augmented dan akord diminished.

Sehingga akan tercipta sebuah lagu yang lebih mendalam dan enak didengar. Menggunakan akord yang beragam juga akan membantu kamu menulis lagi dengan lebih baik.

3. Menciptakan Ritme Yang Tak Terlupakan

Banyak lagu populer yang kita dengar setiap hari memiliki ketukan lagu yang berirama dan mudah diingat.

Jadi sekarang coba kamu dengarkan lagu favoritmu, perhatikan melodi lagu tersebut, ketukannya dan iringan yang membuat lagu tersebut memiliki ritme yang tak terlupakan.

Jika sudah menemukan contoh ritme yang enak didengar, maka kamu coba buat lagu sendiri dengan ritme dari lagu favoritmu.

4. Membangun Lagu di sekitar riff

Baik kamu seorang gitaris, pianis, basis, atau non-instrumentalis, kamu dapat membuat riff yang terpaku pada keseluruhan lagu.

Riff merupakan salah satu bagian terpenting saat menulis lagu. Karena itu, riff bisa menjadi salah satu alat komposisi terbaik untuk kamu saat ingin menciptakan lagu.

5. Menulis Lagu Yang Bisa Kamu Tampilkan Secara Live

Saat ini software produksi musik dapat memungkinkan musisi untuk membuat simfoni secara digital di studio rekaman rumahan.

Software seperti Digital Audio Workstation (DAW) merupakan tools terbaik yang dapat kamu gunakan untuk membuat lagu.

Saat membuat lagu, kamu juga harus memikirkan apakah lagu yang kamu buat bisa dimainkan secara live atau langsung atau tidak.

Jadi lagu yang kamu buat harus menarik saat dimainkan secara live ataupun saat rekaman.

6. Singkirkan Instrumen Saat Membuat Lagu

Banyak orang beranggapan bahwa membuat lagu harus sambil bermain gitar atau bermain piano. Cara ini bisa bekerja dengan baik, untuk membuat lagu.

Tetapi membuat lagu dengan menggunakan alat musik, dapat membuat kamu menciptakan lagu yang mirip dengan lagu yang pernah kamu dengar.

Sehingga membuat kamu menjadi tidak kreatif dan tidak dapat menemukan insprasi baru dalam membuat lagu.

Jadi cobalah singkirkan instrumen yang kamu gunakan saat ini, kemudian tulis ritme dan melodi lagu di pikiranmu. Sehingga kamu akan memiliki ide yang bagus dan nyanyikanlah sambil direkam.

Setelah itu baru kamu mainkan lagu yang telah kamu buat dengan menggunakan instrumen yang kamu miliki.

7. Menyusun Struktur Lagu Yang Berbeda

Sebagian besar struktur lagu memiliki beberapa gabungan struktur lagu dari intro, verse, pre-chorus, chorus, bridge, instrumental solo, dan outro atau coda.

Jadi saat menulis lagu cobalah untuk kamu membuat struktur lagu yang berbeda yang tidak hanya berfokus dari beralih antara chorus dan verse saja.

8. Berkreasilah Dengan lirik

Menulis lirik sebuah lagu itu sulit. Karena kita membutuhkan proses penulisan lirik yang kreatif.

Contohnya, kamu menuliskan lirik lagi yang memiliki makna yang luas, atau kamu membutuhkan ide untuk memilih judul lagi dari inti dari sebuah lirik yang ditulis.

9. Menggunakan Sajak Sebagai Alat

Skema rima bisa digunakan untuk membuat lirik menjadi lebih menarik, kohesif, dan mudah diingat. Tapi musisi tidak selalu membutuhkan sajak atau rima dalam penulisan lirik.

Terkadang sebuah ide pembuatan lirik lagu tidak dapat sepenuhnya diungkapkan dalam sajak atau rima saja. Jadi buatlah lagu yang sesuai dengan ide kamu miliki, tidak harus berfokus penempatan rima dalam sebuah lirik.

10. Pelajari Cara Mengatasi Batasan Kamu Saat ini

Cara terbaik untuk tidak membatasi kita dalam berkreasi dalam mengarang lagu adalah dengan mengubah proses kreatif yang kamu biasa lakukan.

Jika biasanya kamu mengarang lagu dengan membuat musiknya terlebih dahulu baru liriknya, cobalah ubah buat lirik terlebih dahulu baru membuat musiknya.

Cobalah untuk menggunakan akord yang tidak biasa kamu gunakan untuk mengimprovisasi nada dan kamu bisa coba dengan menulis lagu dengan genre musik yang tidak biasa kamu mainkan.

Jadi untuk membuat lagu yang profesional dan mengesankan, kamu perlu mempelajari pengetahuan dasar untuk proses penulisan lagu. Selain itu kamu juga dapat menerapkan beberapa teknik yang dijelaskan di atas agar dapat menghasilkan musik yang mengesankan, menarik dan mudah diingat.