Archives

Categories

Hal Penting dalam menulis lagu

Aturan Membuat Lagu Yang Bagus Untuk Pemula

Semua orang dapat membuat lagu, caranya adalah dengan mengikuti aturan membuat lagu yang bagus untuk pemula yang akan kami bagikan disini.

Selama kamu memiliki ide baru untuk menciptakan lagu, menerapkan metode latihan yang teratur, dan memiliki ambisi menjadi musisi yang tinggi. Maka kamu dapat menjadi musisi yang sukses dan profesional.

Selain kamu memiliki yang telah dijelaskan diatas, untuk menjadi pencipta lagu yang sukses kamu tetap harus menerapkan aturan membuat lagu yang bagus untuk pemula di bawah ini.

Aturan Membuat Musik Untuk Lagu Ciptaan Sendiri

Pertama saat kamu ingin membuat lagu yang bagus, kamu bisa membuat musiknya terlebih dahulu. Untuk membuat musik yang bagus bisa simak aturan membuat lagu berikut ini :

1. Pilih Genre Musik

Setiap genre musik yang berbeda akan memiliki karakteristik uniknya tersendiri. Jika kamu ingin menulis lagu tentang genre musik country, kamu harus menggunakan gitar senar kawat untuk menciptakan nada dan liriknya menceritakan tema tentang kesusahan dan kehilangan.

Saat kamu ingin membuat lagu rock, maka kamu dapat menggunakan akord ke-5 (power chord) dan liriknya yang keras.

2. Memilih Tempo dan Ritme

Tempo dan ritme yang cepat sangat cocok untuk lagu-lagu upbeat, seperti musik dance electro dan punk rock.

Lagu yang sedih atau penuh emosional, seperti musik pop dan country, seringkali memiliki tempo dan ritme yang lebih lambat.

Jika lagu yang ingin kamu ciptakan tidak termasuk dalam salah satu kategori ini, kamu dapat mencoba memilih tempo sedang, seperti rock klasik.

Misalnya, lagu punk rock seringkali memiliki tempo yang cepat dan aktif dan menggunakan tempo 4/4.

Musik reggae sering menggunakan inversi, yaitu ritme yang mengalahkan tempo, untuk menyampaikan getaran yang unik.

3. Menyiapkan Nada Dasar Menggunakan Keyboard

Saat ingin membuat sebuah lagu, kamu harus menyiapkan nada dasar. Dan kamu bisa mencoba melakukan eksperimen dengan menggunakan nada dasar tersebut pada keyboard untuk mendapatkan melodi yang tepat untuk lagu yang kamu buat.

Nada dasar yang umum digunakan pada sebuah lagu adalah G, A, C, D, E, dan F. Kamu harus ingat tema lagu yang kamu tulis dan tentukan akord yang menurutmu enak untuk didengar.

4. Kembangkan Melodi Menggunakan Tangga Nada Mayor dan Minor

Gunakanlah nada yang berbeda, sampai kamu dapat menemukan tangga nada yang tepat untuk digunakan pada lagu yang kamu ciptakan sendiri.

Nada mayor biasanya menunjukan perasaan energik, optimis dan senang, sedangkan nada minor dapat digunakan untuk mengungkapkan emosi dan mengandung unsur melankolis.

Contohnya nada D minor sering digunakan untuk nada lagu sedih, sedangkan c mayor digunakan pada lagu yang lucu.

Jadi tergantung tema lagu yang ingin kamu ciptakan, bereksperimen lah dengan beralih antara kunci nada mayor dan minor untuk menyampaikan perasaan.

5. Pelajari Banyak Alat Musik

Untuk dapat menciptakan sebuah lagu, kamu tidak harus mahir dalam bermain gitar. Tetapi bermain gitar dapat menjadi dasar kamu untuk membuat nada yang berbeda, menciptakan harmoni dan dapat bereksperimen dengan tuning.

Dengan bermain piano kamu dapat menemukan melodi yang indah yang dapat digunakan pada lagu yang kamu ciptakan.

6. Minta Bantuan Musisi Lain

Terkadang banyak musisi saat menciptakan lagu tidaklah sendirian, karena menyadari bahwa mereka memiliki banyak kekurangan untuk membuat komposisi lagu  yang enak didengar.

Jadi meminta bantuan musisi lain untuk mengartikulasikan melodi, lirik dan tema adalah cara terbaik agar membuat lagi ciptaanmu menjadi lebih menarik dan enak didengar.

7. Bereksperimen Lah Dengan Software Produksi Musik

Jika kamu tidak bisa bermain alat musik dan membuat kamu berhenti bermimpi sebagai pencipta lagu. Jangan khawatir, karena saat ini ada banyak software produksi musik seperti Software Ableton yang dapat membantu kita menciptakan sebuah lagu.

Software tersebut sudah berisi instrumen musik lengkap seperti bass, drum, melodi dan akor yang memungkinkan kita untuk menggabungkannya menjadi sebuah musik untuk membantu kamu menciptakan lagu sendiri.

Aturan Menulis Lirik Lagu Ciptaan Sendiri

Setelah kamu memahami aturan membuat lagu dengan membuat musik terlebih dahulu. Selanjutnya kamu harus mengetahui aturan menulis lirik lagu ciptaan sendiri berikut ini.

1. Pilih judul yang sesuai dengan lagu

Kedengaranya aneh belum membuat lirik tetapi sudah disuruh membuat judul. Tetapi dengan memikirkan judul yang potensial terlebih dahulu dan membuat kita menemukan ide untuk membuat sebuah lirik lagu.

Kamu bisa menemukan inspirasi pembuatan judul lagu dengan menonton acara TV, menonton film, membaca buku atau dari percakapan sehari-hari.

Jika dirasa kamu menemukan kata-kata yang bagus untuk dijadikan judul lagu, segera catat di ponsel mu.

Atau jika pemilihan judul di awal membuat kamu bingung, kamu bisa membuat melodi dan lirik terlebih dahulu baru menentukan judul lagi yang terbaik.

2. Membuat Hook untuk lagu

Dalam sebuah lagu, hook adalah sebuah melodi yang catchy yang akan menembus otak kita dan membuat kita akan selalu mengingat bagian dari lagu tersebut, dan hook juga sering digunakan untuk membuat judul lagu.

3. Membuat Chorus

Terkadang hook dapat bertindak sebagai keseluruhan chorus. Kadang-kadang, hook hanya merupakan bagian dari chorus dan biasanya muncul di awal atau akhir chorus.

Either way, chorus biasanya harus mencakup lebih dari lirik utama. Menggunakan chorus adalah cara terbaik untuk meringkas sebuah tema lagu tanpa membahasnya secara spesifik.

4. Prinsip Untuk Menulis Lirik Lagu

Saat menulis lagu, pembuatan lirik harus mengekspresikan kekuatan yang jelas dari tema menyeluruh dari yang disampaikan pada Chorus. Untuk menulis lirik yang bagus kamu harus menerapkan prinsip berikut :

  • Konsistensi: menggunakan gaya bahasa yang sama dari awal hingga akhir lirik. Kamu bisa gunakan kata hujan untuk menggambarkan sebuah kesedihan, jangan biarkan kata tersebut memiliki makna lainnya. Jadi usahakan pembuatan lirik menggunakan gaya bahasa yang memiliki arti atau makna didalamnya.
  • Koheren: Pastikan lirik yang kamu buat berdasarkan urutan kronologis yang logis pada sepanjang lagu. Contoh kronologis pagi-siang-sore, jangan buat page, sore-siang.
  • Khas dan spesifik: pilih sesuatu yang spesifik untuk menggambarkan suatu kejadian di dalam sebuah lirik lagu. Kamu juga harus mengekspresikan perasaan kamu dengan jelas dalam lirik.
  • Pengulangan: Untuk memenuhi kebutuhan pendengar, mereka perlu merekam hal-hal yang sudah dikenal, mengulangi kata-kata atau kalimat penting dalam lirik dapat membantu  menentukan tema yang dibahas dalam lirik lagu.

Proses Finishing Pembuatan Lagu

Aturan membuat lagu yang bagus untuk pemula yang terakhir adalah melakukan proses finishing pembuatan lagu. Pada tahap terakhir dalam menciptakan lagu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti :

1. Tambahkan transisi ke lagu

Kamu bisa menambahkan transisi untuk membuat lagu ciptaanmu lebih menarik dengan menyanyikan lirik baru atau dengan menggunakan akord berbeda dalam Verse yang sama.

Pastikan transisi memiliki lirik yang sama dengan lirik di bagian chorus. Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan transisi sebagai kesempatan untuk memainkan instrumen solo jika kamu ingin menunjukkan keahlian Anda dengan instrumen Anda sendiri.

2. Tentukan Struktur Akhir Dari Lagu

Struktur lagu yang paling umum digunakan saat ini adalah Lirik Utama / Bagian Chorus / Lirik Utama / Bagian Chorus / Bagian Transisi / Bagian Chorus.

Tetapi sebenarnya kamu bebas bereksperimen dengan struktur ini berdasarkan apa yang paling cocok untuk lagu yang kamu buat.

3. Padukan Instrumen Untuk Membuat Lagu Yang Lengkap

Setelah kamu selesai membuat lagu, kamu dapat menggabungkan instrumen tambahan seperti drum, gitar bass, dan keyboard elektrik untuk menonjolkan melodi. Instrumen lain harus dimainkan dengan nada dan tempo yang sama dengan yang telah kamu tentukan sebelumnya.

4. Latih Memainkan Lagu mu Sampai Hafal Liriknya

Kamu harus rutin berlatih menggunakan musik yang telah dibuat bersamaan dengan lirik yang telah kamu buat.

Dengan rutin berlatih kamu akan menemukan urutan yang tepat, sampai kamu dapat memainkan lagu yang enak untuk didengar.

5. Buat Rekaman

Jika kamu telah membuat musik, menciptakan lirik dan kamu telah hafal memainkan musik dan liriknya secara bersamaan. Langkah terakhir kamu lakukan adalah adalah membuat rekaman.