Archives

Categories

menulis lirik lagu yang benar bagi pemula

Cara Menulis Lirik Lagu Ciptaan Sendiri Untuk Pemula

Cara menulis lirik lagu yang benar sangat dibutuhkan bagi kamu yang ingin memiliki impian memiliki lagu ciptaan sendiri. Karena lirik lagu merupakan faktor penentu kesuksesan dari sebuah lagu yang diciptakan. Dengan membuat lirik lagu yang berkualitas dan bermakna, maka lagu yang kamu buat akan mudah diingat dan menyentuh hati pendengarnya.

Mungkin saat ini kamu sudah mahir dalam membuat melodi-melodi yang indah dari berbagai instrumen musik seperti gitar atau piano. Tetapi kamu memiliki kelemahan tidak bisa membuat lirik lagu yang bagus. Sehingga lagu yang kamu ciptakan jadi terasa kurang berkesan dan kurang bernyawa.

Karena itulah tutorial dan cara menulis lagu yang bagus sangat dibutuhkan oleh pencipta lagu pemula. Ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan saat ingin menulis lirik lagu.

Saat membuat lirik lagu, liriknya harus bisa merubah suasana hati, merubah cara berpikir dan merubah perilaku orang yang mendengarkan lirik dari sebuah lagu yang diciptakan.

Bagaimana Cara Menulis Lirik Lagu Untuk Pemula?

Berikut ini kami akan bagikan beberapa cara menulis lirik lagu yang bagus untuk pemula yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Memahami Struktur Lagu

Cara menulis lagu yang bagus pertama adalah harus memahami tentang struktur dari sebuah lagu. Ada beberapa standar struktur sebuah lagu yang perlu kamu perhatikan saat ingin menciptakan sebuah lagu, seperti :

Dalam pembuatan lagu kamu harus mengetahui bagian pembuatan lirik lagu seperti bagian intro, bagian bait dan bagian bridge.

Dalam menulis lagu kamu juga harus memahami struktur AABA. A diartikan sebagai bait, dan B diartikan sebagai chorus. Jadi struktur AABA adalah 2 bait, 1 chorus dan 1 bait terakhir.

2. Tentukan Tema

Cara menulis lirik lagu selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah menemukan ide atau tema pada lirik lagu yang dibuat. Kamu bisa menentukan tema tentang kritik sosial, spiritual, keresahan, motivasi, persahabatan, percintaan dan tema lirik lagu lainnya.

Dalam menentukan tema lirik lagu bebas tidak ada batasan dari pemilihan tema. Tujuan menentukan tema ini adalah untuk menyatukan lirik dan musik yang dibuat agar lebih serasi.

3. Perhatikan Penggunaan Kata

Untuk pemula yang ingin membuat lagu ciptaan sendiri harus memperhatikan penggunaan kata dalam lirik lagu yang dibuatnya. Kamu harus menggunakan kata-kata yang tepat agar kamu dapat mengekspresikan emosi yang ada di dalam lirik lagu kepada orang yang mendengarkan lagu ciptaanmu.

Janganlah gunakan kata-kata yang seolah-olah kamu mengajari orang untuk merasakannya. Tetapi cobalah untuk menuliskan lirik lagu seperti apa rasanya kamu memiliki sesuatu.

Dalam membuat lirik tidak harus seluruh lirik mengandung rima, rima yang dibuat pada lirik lagu harus tampak alami. Jangan gunakan frasa yang aneh agar lirik lagu kamu buat menjadi berima. Bahkan sebenarnya lirik lagu juga tidak harus memiliki rima.

Jika kamu ingin membuat rima pada lirik lagu lebih menonjol dan membuat rima tidak terdengar biasa saja. Kamu bisa coba menggunakan gara rima yang berbeda.

Kamu harus mempelajari rima pengulangan huruf konsonan atau vokal, forced rhymes, aliterasi, pararima dan lainnya. Hindari juga penggunaan lirik yang klise, karena hal ini dapat membuat lagu tidak menarik.

4. Buat Melodi

Jika kamu ingin membuat lirik lagu yang menarik dan memiliki arti yang mendalam, pastikan kamu pada setiap baris lirik memiliki suku kata yang sama dan ritme juga harus terkendali.

Sebaiknya sebelum menulis lirik lagu, kamu buat terlebih dahulu melodinya. Sehingga kamu dapat mempermudah pembuatan lirik lagu dengan melodi yang telah kamu ciptakan sendiri.

Dalam membuat melodi, jika kamu tidak pintar bermain instrumen musik. Kamu bisa meminta bantuan teman berbakat memainkan alat musik melodi maupun musisi untuk membuatkan melodi untuk lagi yang kamu ciptakan.

Saat membuat melodi lagu, sebaiknya kamu membuat rentang nada yang tidak terlalu jauh sehingga dapat lebih mudah nantinya lagu ciptaan kamu untuk dinyanyikan.

Kamu juga bisa menambahkan 2 atau 4 ketukan tambahan di beberapa bagian lagu. Sehingga yang menyanyikan lirik lagu yang kamu buat bisa berhenti untuk bernafas. Selain itu, jeda ini juga berfungsi agar pendengar bisa mencerna lirik lagu yang didengarkan.

5. Penyelesaian Lirik Lagu

Ini adalah tahapan terakhir dalam membuat lirik lagu ciptaan sendiri. Setelah kamu selesai menuliskan lirik lagu, kamu baca ulang lirik yang telah dibuat. Jika ada rangkaian kata yang kurang pas, kamu bisa merevisi lirik yang telah dibuat.

Saat lirik lagu yang kamu buat dimainkan bersamaan dengan alat musik, tidak menutup kemungkinan kamu akan melakukan revisi lagi pada lirik lagu tersebut. Karena dengan cara ini kamu dapat menemukan nada dan lirik yang sempurna untuk lagu yang kamu ciptakan.

6. Minta Saran Orang Lain

Jika kamu telah menyelesaikan tahap pembuatan lirik lagu dan musik yang kamu rasa sudah sempurna untuk menjadi sebuah lagu. Kamu tidak boleh terlalu yakin, jika lagu yang kamu ciptakan sudah sempurna.

Cara terbaik untuk memastikan lagu ciptaan kamu sudah layak untuk didengar banyak orang, kamu harus meminta saran orang lain tentang lirik lagu dan musik yang telah kamu buat.

Kamu bisa tanyakan kepada teman, keluarga ataupun komunitas musik. Apakah ada masukan yang tentang lirik lagu yang telah dibuat. Softir masukan yang kamu dapatkan, dan revisilah lirik lagu yang telah dibuat agar menjadi lebih sempurna.